category : tentang-kami

Bidang Pengembangan Desa

Bidang Pengembangan Desa

Pasal 13

Bidang Pengembangan Desa mempunyai tugas menyiapkan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan dan pengelolaan kegiatan Administrasi dan iníormasi Desa,serta kegiatan Kerjasama Antar Desa dan Pengermbangan Kawasan Perdesaan.


Pasal 4


Bidang Pengembangan Desa dalam menjalankan tugas mempunyai fungsi:


a. penyiapan bahan perumusan Kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan kegiatan Administrasi dan informasi Desa, serta kegiatan Kerjasama Antar Desa dan Pengembangan Kawasan Perdesaan;


b. pengelolaan dan penyelenggaraan kegiatan Administrasi dan Informasi Desa, serta kegiatan Kerjasama Antar Desa dan Pengembangan Kawasan Perdesaan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi dinas;


c. pengoordinasian dan pengendalian pelaksanaan kegiatan Administrasi dan Informasi Desa,  serta kegiatan Kerjasama Antar Desa dan Pengembangan Kawasan Perdesaan;


d. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya


Pasal 15


Bidang Pengembangan Desa mempunyai rincian tugas :


a. merencanakan operasional program dan rencana kerja serta rencana kegiatan di bidang Pengembangan desa sebagai pedoman Kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;


b. mempelajari dan menelaah peraturan perundang-undangan, petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis Seksi Administrasi dan Informasi Desa, serta Seksi Kerjasama Antar Desa dan Pengembangan Kawasan Perdesaan;


c. memberi petunjuk, arahan, serta membagi tugas kepada bawahan dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar tugas-tugas dapat diselesaikan dengan tepat, efektif, dan efisien;


d. mengoordinasikan pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas;


e. Menyelenggarakan konsultasi dan koordinasi baik vertikal maupun horisontal guna sinkornisasi dan kelancccaran pelaksanaan tugas;


f. Merumuskan bahan kebijakan teknis pengembangan desa sesuai peraturan perudang-undangan sebagai bahan kajian pimpinan;


g. Mengarahkan dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan Seksi Administrasi dan Informasi Desa, Seksi kerjasama Antar Desa dan Pengembangan Kawasan Perdesaan berdasarkan data yang masuk dan pemantauan lapangan untuk mengetahui perkembangan serta permasalahan yang mungkin timbul;


h. Menyelenggarakan kegiatan Seksi Administrasi dan Informasi desa sesuai dengan petunjuk teknis serta ketentuan yang ada guna peningkatan mutu  kegiatan;


i. Menyelenggarakan Kegiatan Seksi Kerjasama Antar Desa dan Pengembangan Kawasan Perdesaan sesuai dengan petunjuk teknis serta ketentuan yang ada guna peningkatan mutu kegiatan;


j. Mengevaluasi dan menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;


k. Melaporkan pelaksanaan program dan kegiatan bidang pengembanga desa baik secara lisan maupun tertulis kepada atasan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas;


i. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan, baik lisan maupun tertulis.




Seksi Administrasi dan Informasi Desa mempunyai rincian tugas :


a. Merencanakan dan mengonsep program dan rencana kerja serta rencana kegiatan di Seksi Administrasi dan Informasi Desa berdasarkan program kerja  tahun sebelumnya Sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;


b. Mempelajari dan menelaah peraturan perundang-undangan yang terkait dengan Seksi Administrasi dan Informasi Desa, dan yang terkait dengan bidang tugasnya;


c. membagi tugas, memberi petunjuk, dan membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;


d. meneliti/memeriksa dan metelia pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;


e. Melaksanakan konsultasi dan koordinasi baik vertikal maupun horisontal guna sinkornisasi dan kelancaran pelaksanaan tugas;


f. Menyusun bahan kebijakan teknis Seksi Administrasi dan Informasi Desa sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan petunjuk teknis sebagai bahan kajian pimpinan;


g. Melaksanakan pembinaan administrasi dan informasi desa sesuai dengan ketentuan agar lebih tertib administrasi;


h. Melaksanakan pengelolaan data profil desa dan kelurahan sesuai petunjuk teknis untuk ketersediaan data yang akurat;


i. Melaksanakan sosialisasi pendataan profil desa dan profil kelurahan berdasarkan ketentuan untuk memberi pengetahuan / pemahaman terkait profil desa dan profil kelurahan berdasarkan ketentuan untuk memberi pengetahuan/pemahaman terkait profil desa dan profil kelurahan;


j. Melaksanakan pendataan dan pengelolaan data profil desa dan profil kelurahan berdasarkan ketentuan untuk ketersediaan data;


k. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan pemantapan data profil desa/kelurahan sesuai mekanisme sebagai bahan kajian;


l. Melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;


m. mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Seksi Administrasi dan Informasi Desa berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;


n. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan Seksi Administrasi dan Informasi Desa sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas;


o. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan, baik lisan maupun tertulis.

author : admin

created : 02-Nov-2019


video